Tripcle / Tips / Detail Tripcle

Cari Suvenir di Jogja? Lebih Murah di 5 Daerah Ini

https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5289164/cari-suvenir-di-jogja-lebih-murah-di-5-daerah-ini
Cari Suvenir di Jogja? Lebih Murah di 5 Daerah Ini
Perajin Perak di Kotagede Yogya Foto: Pius Erlangga/detikcom

Jakarta - Kalau mencari oleh-oleh di Yogyakarta jangan hanya ingat Malioboro atau Pasar Beringharjo. DI Yogyakarta punya banyak daerah, kota dan kabupaten yang masing-masing punya karakteristik dalam hal kerajinan tangan.

Jika belanja di daerahnya langsung, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah. Tak hanya itu, Anda juga membantu meningkatkan perekonomian warga lokal!

1. Kotagede

Kotagede yang dulu merupakan ibu kota Kerajaan Mataram merupakan pusat kerajinan perak di provinsi istimewa ini. Di kawasan ini, Anda akan disambut oleh deretan toko perak yang menjual hasil karya pengrajin lokal.

Anda bisa membeli kerajinan perak mulai dari cincin, gelang, kalung, dan perhiasan lainnya. Pajangan dan hiasan dinding juga tersedia. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerajinan berbahan perak di pusat kerajinan perak Salim, Kotagede, Yogyakarta, Kamis (24/9/2020). Selama pandemi, pengrajin hanya mengerjakan produk yang dijual berdasarkan pesanan konsumen dari luar negeri.

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerajinan berbahan perak di pusat kerajinan perak Salim, Kotagede, Yogyakarta, Kamis (24/9/2020). Selama pandemi, pengrajin hanya mengerjakan produk yang dijual berdasarkan pesanan konsumen dari luar negeri. Foto: Pius Erlangga/detikcom

2. Desa Pathuk

Tentu Anda pernah mendengar "Bakpia Pathuk". Pathuk merujuk pada nama sebuah desa yang ada di tengah Kota Yogyakarta, dekat dengan Malioboro. Desa ini merupakan 'kampung halamannya' bakpia, sehingga wajib rasanya membeli bakpia langsung dari sini.

Banyak merek bakpia yang bisa Anda cicipi. Dari Malioboro, jarak tempuhnya hanya sekitar 10-15 menit berkendara.

bakpia pathuk

Bakpia Pathuk Foto: istimewa

3. Jalan Wijilan

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi gudeg. Jalan Wijilan adalah surganya kuliner khas Jogja ini. Di sepanjang Jalan Wijilan, Anda bisa menemukan deretan warung dan toko penjual gudeg dengan beragam kemasan.

Gudeg

Gudeg Foto: shutterstock

4. Desa Kasongan

Beralih ke Bantul, ada Desa Kasongan yang terkenal oleh kerajinan gerabah. Teknik dan pembuatan gerabah di sini diwariskan secara turun-temurun. Anda bisa membeli beragam kerajinan yang dibuat sendiri oleh warga lokal mulai dari guci, pot tanaman, peralatan makan, dan lainnya.

Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan Foto: dok. detikTravel

5. Kabupaten Gunungkidul

Gunungkidul adalah kabupaten di DI Yogyakarta yang berada di pesisir selatan, dan memiliki segudang sumber daya alam serta potensi wisata. Salah satu makanan khas warga Gunungkidul adalah belalang. Serangga yang kaya akan protein ini kerap digoreng kering, dan dijadikan camilan.

Pantai Watu Bolong

Pantai Watu Bolong Foto: Kristina/detikcom

Di Kota Wonosari Anda bisa menemukan beberapa toko oleh-oleh yang menjual belalang goreng. Ada belalang yang berukuran besar, ada pula yang berukuran kecil. Konon rasanya seperti udang!

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Tentang Lolok, Suvenir Berbentuk Organ Intim Pria Khas Bali

Turis Ini Gagal Terbang Gara-Gara Stempel Alay di Paspornya

Ingat Dodol, Ingat Garut Dong

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Sepotong Kisah Reruntuhan Kuil Myanmar yang Sempat Jaya di Masa Lalu

Warga Lokal: Masuk Pulau Komodo Rp 14 Juta Habislah Kita

Watford yang Indah, Tempat Liverpool Kalah

Menjelajahi Kota Batu Petra

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel