Tripcle / Story / Detail Tripcle

Ritual Masangin di Alun-alun Kidul Yogya yang Berbalut Mistis

https://travel.detik.com/read/2020/03/24/151000/4944888/1025/ritual-masangin-di-alun-alun-kidul-yogya-yang-berbalut-mistis
Ritual Masangin di Alun-alun Kidul Yogya yang Berbalut Mistis
Alun-alun kidul Yogyakarta

Di kalangan masyarakat, pohon beringin kembar di Alun-alun Kidul Yogya sudah sangat populer. Ada ritual masangin yang kerap dipandang mistis di sini.

Alun-alun Kidul di Yogya begitu populer. Bagi Anda yang liburan long weekend di Yogya, cobalah lewati pohon beringin kembar yang ada di sana. Selain dianggap sakral, pohon beringin tersebut juga menjadi salah satu tempat rekreasi yang kerap kali dikunjungi wisatawan.

Selain datang untuk bersantai, tidak sedikit yang mencoba tradisi Masangin atau berjalan melintasi celah di antara kedua pohon beringin dengan mata tertutup. Permainan Masangin cukup unik menurut saya, dan saya sendiri pun penasaran ikut mencobanya.

Jarak antara dua pohon beringin tersebut memang cukup lebar. Namun dengan mata tertutup, untuk dapat melintasi celah tersebut, bukan perkara mudah. Tak sedikit yang gagal, melenceng ke arah samping atau bahkan nyasar ke jalanan yang mengitari Alun-alun Kidul.

Finish! Saya berhasil melewati pohon beringin kembar ini

Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat, merujuk pada tradisi Masangin itu, orang yang berhasil melewati beringin kembar dengan mata tertutup berarti hatinya bersih dan lapang.

Hal itu diyakini untuk mengalap berkah dan meminta perlindungan dari banyaknya serangan musuh. Dari situlah mitos mulai berkembang. Kalau bisa melintasi dua pohon beringin kembar itu dengan mata tertutup, semua permintaan kita akan dikabulkan.

Alun-alun kidul yogyakarta

Selain itu, ada juga mitos yang mengatakan kalau beringin kembar merupakan pintu gerbang Laut Selatan yang merupakan kediaman Nyi Roro Kidul. Percaya tidak percaya.

Pengalaman saat saya mencobanya pada tahun kemarin ketika berkunjung ke Alun-alun Kidul Yogyakarta, Saya berhasil melewati Kedua Pohon Kembar Beringin tersebut

Namun terlepas dari segala mitos yang ada, Alun-alun Kidul tetap menjadi salah satu tempat rekreasi asyik di Yogya. Bagi traveler yang membawa si buah hati, bisa coba keliling Alun-alun Kidul dengan naik mobil gowes warna-warni saat malam hari.

Kalau lapar, bisa coba kulineran di warung sekitar yang menjajakan panganan khas Yogya. Liburan long weekend di Yogya, pastinya kurang lengkap jika tidak mampir ke Alun-alun Kidul.

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

Melihat Sunrise di Jogja, Ini 7 Spot Terbaiknya

Cari Suvenir di Jogja? Lebih Murah di 5 Daerah Ini

Pantai Gesing di Gunung Kidul yang Punya Spot Foto Keren

3 Tempat Nongkrong dengan View Candi di Yogyakarta

5 Tips Buat Kamu yang Mau Coba Solo Traveling ke Yogyakarta

4 Tempat Wisata Ramah Anak di Yogyakarta, Cocok untuk Akhir Pekan

Jadwal Dieng Culture Festival 2020

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel