Tripcle / Story / Detail Tripcle

Petualangan Menawan di Wisata Jatinangor

superadmintripvocat
Petualangan Menawan di Wisata Jatinangor
Jatinangor National Park - Tribun Travel

Aku adalah seorang pecinta petualangan dan keindahan alam yang selalu bersemangat untuk menjelajahi tempat-tempat baru. Suatu hari, teman-teman dan aku memutuskan untuk melarikan diri dari kesibukan kota dan mencari petualangan di suatu tempat yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya. Setelah beberapa pertimbangan, kami memutuskan untuk pergi ke Jatinangor, sebuah desa kecil di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.


Situ Ciburuy di Bandung Barat - Okezone Travel

Situ Ciburuy di Bandung Barat - Okezone Travel

Hari Pertama: Berlabuh di Danau Situ Ciburuy

Kami tiba di Jatinangor dengan semangat dan rasa penasaran yang tinggi. Tujuan pertama kami adalah Danau Situ Ciburuy. Danau ini dikelilingi oleh hutan pinus yang menakjubkan. Saat kami berjalan-jalan di tepi danau, udara segar dan aroma hutan membuat kami merasa begitu hidup. Kami memutuskan untuk menyewa perahu kecil dan mengelilingi danau. Pemandangan di tengah danau begitu menenangkan, dengan pepohonan yang memantulkan bayangan di permukaan air tenang.

Kami menghabiskan berjam-jam di Danau Situ Ciburuy, menikmati piknik dan berfoto di antara pohon pinus yang menjulang tinggi. Saat matahari mulai terbenam, kami berkumpul di gazebo, menikmati angin sepoi-sepoi sambil berbagi cerita. Ini adalah pengalaman yang begitu menyenangkan dan kami merasa begitu dekat dengan alam.


Bunga Edelweis di Gunung Papandayan - Triptrus

Bunga Edelweis di Gunung Papandayan - Triptrus

Hari Kedua: Petualangan ke Gunung Papandayan

Hari kedua, kami memutuskan untuk mencari petualangan lebih besar dengan mendaki Gunung Papandayan. Meskipun kami bukan pendaki berpengalaman, kami sangat bersemangat untuk menaklukkan gunung ini. Kami berangkat pagi-pagi dan setelah sekitar dua jam perjalanan, kami tiba di base camp Gunung Papandayan.

Trekking menuju puncak gunung adalah pengalaman yang menantang. Kami melalui jalur yang berbatu dan menanjak, melewati hamparan pasir vulkanik yang luas. Namun, pemandangan di sepanjang perjalanan benar-benar luar biasa. Dari puncak, kami bisa melihat kawah yang masih aktif dengan belerang yang mengepul. Rasa lelah akibat perjalanan seketika tergantikan oleh kebahagiaan melihat pemandangan yang memukau.


Suasana Kampung Naga - @AKPhotography

Suasana Kampung Naga - @AKPhotography

Hari Ketiga: Mengenal Kampung Naga

Hari ketiga, kami memutuskan untuk menjelajahi kekayaan budaya Jatinangor dengan mengunjungi Kampung Naga. Kampung Naga adalah sebuah desa tradisional Sunda yang mempertahankan gaya hidup dan budaya tradisional mereka dengan sangat teguh. Kami tiba di desa ini dan langsung disambut dengan senyum hangat dari penduduk setempat.

Kami berjalan-jalan di sekitar kampung, melihat rumah-rumah yang terbuat dari bambu dengan atap jerami. Kami juga belajar tentang tradisi dan upacara adat yang dijaga dengan baik oleh penduduk Kampung Naga. Ini adalah kesempatan langka untuk memahami kebudayaan dan sejarah yang masih hidup di tengah-tengah masyarakat modern.


Lokasi Candi Cangkuang dikelilingi keindahan alam Garut yang asri dan udaranya sejuk. (Foto: Pesona Indonesia)

Lokasi Candi Cangkuang dikelilingi keindahan alam Garut yang asri dan udaranya sejuk. (Foto: Pesona Indonesia)

Hari Keempat: Candi Cangkuang dan Kuliner Lokal

Hari terakhir kami di Jatinangor, kami memutuskan untuk mengunjungi Candi Cangkuang, salah satu peninggalan bersejarah yang menarik. Candi ini adalah salah satu peninggalan budaya Hindu yang masih terjaga dengan baik. Kami berkeliling situs ini dan merenungkan sejarah yang terkandung di dalamnya.

Sebelum pulang, kami memutuskan untuk mencicipi kuliner khas Jatinangor. Kami menikmati hidangan nasi timbel yang lezat dengan sambal andaliman yang pedas, serta berbagai makanan khas Sunda lainnya. Kami juga mencoba kopi khas Jatinangor yang terkenal, yang mengakhiri perjalanan kami dengan nikmat.


Perjalanan ke Jatinangor telah memberi kami pengalaman yang luar biasa. Kami menjelajahi keindahan alam, mendaki gunung, memahami budaya tradisional, dan menikmati kuliner lokal. Jatinangor adalah tempat yang menawarkan petualangan dan keindahan alam yang memukau, serta kesempatan untuk meresapi budaya dan sejarah yang kaya. Kami pulang dengan kenangan tak terlupakan dan rasa syukur telah mengeksplorasi tempat ini. Jatinangor benar-benar merupakan surga yang tersembunyi di Jawa Barat yang patut dikunjungi.

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Kampung Naga, 'Shirakawa-go' dari Tasikmalaya

3 Tempat Nongkrong dengan View Candi di Yogyakarta

Ini Keunikan Candi Kunti yang Baru Ditemukan di Dieng

Arkeolog Temukan Struktur Kuno Misterius di Dekat Candi Pawon

Kampung Pelangi di Semarang, Destinasi Wisata saat Weekend

23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

Mengenal Suku Kamoro Papua, Asal Usulnya Berkaitan Erat dengan Naga

5 Alasan Mengapa Kamu Harus ke Candi Ijo

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel