Tripcle / Story / Detail Tripcle

Pecinan, Distrik yang Kental dengan Budaya Tionghoa

https://travel.detik.com/read/2020/03/19/104500/4942393/1025/pecinan-distrik-yang-kental-dengan-budaya-tionghoa
Pecinan, Distrik yang Kental dengan Budaya Tionghoa

Tak hanya sebagai tempat tinggal dan berkumpulnya etnis Tionghoa, Pecinan juga bisa dikunjungi sebagai tempat wisata menarik.

Chinatown atau yang biasa kita sebut dengan pecinan pada mulanya terbentuk karena maraknya migrasi yang dilakukan oleh masyarakat Tiongkok ke daerah-daerah luar Tiongkok untuk mencari peruntungan. Migrasi yang dilakukan ke daerah asing mengakibatkan adanya rasa aman jika mereka tinggal berkelompok.

Dari kebiasaan inilah pecinan terbentuk. Dilihat dari letak geografisnya, biasanya kawasan pecinan ini terletak di dekat pusat perdagangan karena kebanyakan mata pencaharian imigran Tiongkok pada masa itu adalah pedagang. Seperti yang dapat kita lihat, hampir di setiap negara terdapat kawasan Chinatown tersendiri, begitu pula di Indonesia. Contohnya seperti Kampung Ketandan di Yogyakarta dan Kampung Semawis di Semarang.

Sekarang, kawasan pecinan ini menjadi penanda diakuinya multikulturalisme di Indonesia. Kawasan pecinan ini juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang menarik karena kentalnya kebudayaan Tionghoa masih sangat terasa di sana.

Menjelang atau setelah Imlek, tak jarang pula diadakan festival kebudayaan di kawasan pecinan tersebut. Antusiasme masyarakat di sekitar wilayah pecinan tersebut dalam mengikuti festival kebudayaan yang diadakan setiap tahun juga tergolong tinggi.

Pada festival kebudayaan tersebut, terdapat berbagai pertunjukan seni yang dihadiri oleh masyarakat dari berbagai latar belakang. Pertunjukan barongsai dan kesenian Tionghoa juga digelar di festival ini.

Ada pula berbagai kuliner dari berbagai daerah yang dapat dicicipi oleh para pengunjung. Festival kebudayaan ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik bagi masyarakat.

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

5 Daya Tarik Pantai Kenjeran, Wisata Bahari di Surabaya

Kampung Pelangi di Semarang, Destinasi Wisata saat Weekend

Setelah 160 Tahun, Patung Kepala Kuda yang Dijarah Kembali ke Museum China

5 Aneka Wisata Alam Kebanggaan Bekasi

Kampung Naga, 'Shirakawa-go' dari Tasikmalaya

Akau Potong Lembu, Wisata Kuliner Malam Tanjungpinang

23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

Ada Kampung Langit di Bali, Deretan Artis Ini Pernah Mendatanginya

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel