Tripcle / Story / Detail Tripcle

Kisah Gua Jepang di Aceh, Lebih Layak Disebut Gua Pejuang

https://travel.detik.com/read/2020/04/03/132500/4696840/1025/kisah-gua-jepang-di-aceh-lebih-layak-disebut-gua-pejuang
Kisah Gua Jepang di Aceh, Lebih Layak Disebut Gua Pejuang
Tampak depan Goa

Sebuah gua peninggalan para penjajah di Aceh disematkan nama Goa Jepang. Tapi sesungguhnya, gua ini lebih layak diberi nama sebagai Goa Pejuang.

Detik waktu yang hampir berlalu, kala mentari nyaris tenggelam mengutip sinarnya kembali, burung-burung sahut-sahutan meneriaki udara menyampaikan pesan sang malam akan berlabuh membawa kegelapan, Selenging segera menyuarakan kehadiran senja.

Kibaran bendera

Tetapi rasaku belum tiba, masih ada sepenggal jam lagi, masih cukup untuk naik ke bukit yang terlihat kibaran bendera pada ketinggian seratus dua puluh meter itu.

Bukit Goa Jepang. Aku ingin tahu wujudnya seperti apa, ingin menyaksikan dari setiap sisinya. Dan, Ya! Terlihat indah sekarang.

Foto Goa dari jauh

Tetapi di balik keindahan itu aku seolah merasakan sesuatu. Ini bukan bukit Gua Jepang, tapi ini bukit kesengsaraan kaum pejuang, karena gua ini adalah hasil jeritan pejuang yang disuruh kerja paksa.

Bayangkan betapa banyak korban melayang di sini. Di tempat ini, mereka menjadi pekerja paksa. Bayangkan berapa banyak darah yang menetes dari dalam tubuh suci itu, dicambuk, dihajar, disiksa.

Taman Ngieng Jioh di sekitaran Goa

Patutnya merekalah yang menggandeng nama bukit ini 'Bukit Goa Pejuang' Lihatlah hasil kerja keras para pejuang tanah air, dari setiap sisi Nusantara bersatu di tiap titiknya, seperti titik ini, hingga mereka telah mampu mengusir para pengecut itu pulang ke negeri asalnya.

Meskipun telah banyak yang tumbang di Medan peperangan tetapi lihatlah kibaran bendera Merah Putih itu berkobar, saksikanlah kegagahannya berdiri menopang kejayaan, itu adalah hasil keteguhan para pejuang. Darah dan tulang mereka menjadi saksi nyata yang mendebarkan jagat raya hingga sampai pada titik merdeka.

Goa ini sebagai bukti kebengisan Jepang, sang penyebab kesengsaraan. untuk itu namanya tak patut dikenang. Melainkan pengorbanan para Pejuang yang habis-habisan sepantasnya di Agungkan. Tempat ini Layak menyandang nama sebagai 'Goa Pejuang' bukan Goa Pecundang.

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Target 3 Juta Wisatawan, Aceh Bikin 110 Acara Wisata di 2020

Lukisan Gua Tertua di Dunia Ditemukan di Sulsel, Umurnya 45 Ribu Tahun!

Ini 10 Hal yang Bikin Kamu Kangen Liburan ke Jepang

Bukan Jepang Kalau Tidak Terobsesi Dengan Kertas

Cerita Muhlis Eso, Pendiri Museum Swadaya Perang Dunia II

Tahu Nggak? Tanjung Selor Ada Taman Makam Pahlawan

Alasan di Balik Orang Jepang yang Gila Antre

5 Destinasi Wisata di Nusa Penida yang Jarang Kamu Dengar

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel