Tripcle / Story / Detail Tripcle

Kebumen Punya Alam Secantik Ini?

https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4919520/kebumen-punya-alam-secantik-ini
Kebumen Punya Alam Secantik Ini?
Suasana hijau di sekitar Curug Kedondong

Siapa bilang Kebumen tak punya alam yang indah. Inilah Curug Kedondong yang jadi kebanggaannya!

Musim hujan seringkali menjadi kendala saat ingin berwisata ke obyek wisata air terjun. Terlebih jika air terjun berada di aliran sungai besar. Namun itu tak berlaku jika berkunjung ke Obyek wisata Bukit Comal di Desa Gunungsari, Karanggayam, Kebumen, Jawa Tengah. Di area wisata ini terdapat air terjun Curug Kedondong yang airnya tidak begitu deras.

Obwis Bukit Comal menggunakan lahan pinus Perhutani

Curug Kedondong berada di batas antara hutan pinus perhutani dengan hutan garapan warga di lereng timur Perbukitan Comal. Sumber air dari air terjun merupakan dari aliran sungai di sela-sela hutan pinus. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar dan deras.

Kolam renang di area Obwis Bukit Comal

Airnya tidak mengucur dan terjun layaknya air terjun pada umumnya melainkan merayap melalui batuan andesit yang berukuran raksasa khas kawasan Geopark Karangsambung. Tak ada kolam untuk berendam dibawahnya, karena hanya ada bongkahan batu-batu besar. Tapi tenang, kolam-kolam kecil tak jauh dibawah air terjun bisa digunakan untuk bermain air dengan aman.

Air terjun Curug Kedondong dengan ketinggian lebih dari 25 meter

Pihak pengelola juga menyediakan dua kolam renang untuk anak-anak dan dewasa berukuran 8 x 15 meter dengan kedalaman 1-1,5 meter di area wisata ini. Keberadaan kolam ini semakin indah latar hutan pinus serta air terjun. Tak heran kolam ini menjadi daya tarik obyek wisata Bukit Comal. Area wisata ini juga menyediakan tempat berswafoto dan tempat beristirahat berupa gazebo.


Terasering sawah dan aktifitas petani jadi pemandangan selama perjalanan

Lokasi obyek wisata seluas tiga hektar ini berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Kebumen melalui Karanganyar. Lama perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Selama perjalanan pandangan mata disuguhi lanskap hamparan sawah berterasering dan aktifitas petani serta perbukitan Serayu Selatan yang ditumbuhi pepohonan asri menghijau.

Akses jalan menuju Desa Gunungsari cukup baik namun sekitar 1 kilometer menjelang lokasi kondisi jalan cukup sempit yang nyaman dilewati kendaraan roda dua. Bagi wisatawan yang menggunakan roda dua hanya butuh berjalanan kaki 100 meter saja untuk bisa sampai ke air terjun dari tempat parkir. Fasilitas mendasar di tempat ini terdapat Toilet, MCK dan warung makanan.

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Hai Runners, Geopark Run Series 2020 Siap Digelar

Geopark Gunung Krakatau Siap Naik Kelas Sambut Wisatawan

Curug Cimarinjung, Primadona dari Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh Longsor, Wisatawan Nggak Bisa Pulang

5 Aneka Wisata Alam Kebanggaan Bekasi

Air Terjun Way Lalaan Surga Kecil Dekat Bandar Lampung

Tentang Pulau Kecil Tempat Tanam Jimat di Tengah Sungai yang Jadi Rebutan

10 Wisata di Probolinggo yang Harus Kamu Coba

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel