Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Tanda Tanya Nama 'Afrika'

https://travel.detik.com/international-destination/d-4792451/tanda-tanya-nama-afrika
Tanda Tanya Nama 'Afrika'
Ilustrasi Afrika (iStock)

Jakarta - Siapa yang tidak tahu benua Afrika? Tapi boleh jadi belum banyak yang tahu sejarah nama Afrika, yang memang masih jadi tanda tanya.

Afrika adalah benua terbesar setelah Asia. Luas areanya asekitar 11,7 juta mil persegi dan merupakan tempat tinggal bagi 1,2 miliar orang alias 16 persen dari jumlah populasi orang.

Benua Afrika terbagi dalam 54 negara. Terusan Suez, Laut Merah, Laut Mediterania, Samudera Hindia, dan Samudera Atlantik berada di sekelilingnya.

Soal wisata, Afrika terkenal sebagai tempat petualangan di alam liar. Ada padang savana, hutan belantara, keberagaman suku, hingga salah satu Seven Summit alias 7 puncak tertinggi di 7 benua ada di sana.

Namun pernahkah kamu menyadari, apa sih arti atau asal usul nama 'Afrika'?

Tanda Tanya Nama Asli 'Afrika'

Foto: (iStock)

Dilansir detikcom dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019), asal usul nama Afrika ternyata masih tanda tanya. Ada banyak versi yang menyebutkan sejarah nama tersebut.

Versi pertama, nama Afrika berasal dari pelancong Eropa di zaman dulu yang bernama Leo Africanus. Saat kembali ke Eropa, Leo pun mengenalkan tentang daratan yang dikunjunginya yang mana sangat berbeda dengan daratan Eropa.

Kemudian, orang Romawi menyebutnya dengan nama Africanus. Bahkan ketika Kekaisaran Romawi dengan kepemimpinan Publius Cornelius Scipio menaklukan Kekaisaran Kartago (saat ini Tunisia), mereka menggantikan nama Kekaisaran Kartago dengan sebutan Publius Cornelius Scipio Africanus.

Versi kedua, nama Afrika berasal dari bahasa Latin yakni 'Afri'. Kata itu menggambarkan orang-orang yang tinggal di selatan Laut Mediterania. Tapi, para sejarawan saling berdebat karena belum ada bukti orang-orang Romawi pernah menulis kata tersebut.

Versi ketiga, nama Afrika dinilai berasal dari bahasa Yunani yakni 'Aphrike'. Nama itu punya arti, tanah yang tidak dingin.

Tanda Tanya Nama Asli 'Afrika'

Foto: (iStock)

Selain dari versi orang-orang Eropa, negara-negara di Afrika punya nama-nama sendiri untuk menggambarkan benuanya. Orang-orang di Libya dan Eithopia, punya sebutan 'Alkebulan' yang artinya 'ibu umat manusia'.

Sedangkan negara lainnya, Kongo dan Ghana sejarahnya memang memakai nama Afrika. Hanya saja ketika ada penjelajah Eropa, huruf 'k' diganti dengan 'c'.

Kalau orang-orang di Negara Mali dan negara bagian barat Afrika lainnya, menyebut nama 'Afraka'. Nama itu punya arti First-Sun-Soul.

Berbeda dengan negara Mesir. Beberapa ahli sejarawan menyebut, nama Afrika sebenarnya berasal dari sebutan bangsa Mesir yakni 'Afru-ika' yang artinya tanah air.

Tanda Tanya Nama Asli 'Afrika'

Foto: (iStock)

Diketahui, nama Afrika mulai digunakan sejak abad ke-17. Hingga kini memang masih jadi perdebatan, apa asal usul nama Afrika.

Tapi sepertinya, pesona Afrika menutup perdebatan itu. Afrika adalah suatu benua yang menawarkan sejuta pengalaman tiada dua.

Tanda Tanya Nama Asli 'Afrika'

Foto: (iStock)

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Mahasiswa Ini Terdampar di Afrika Selatan, Gegara Printer Rusak

Bandung Rasa Luar Negeri

Si Leher Panjang dari Afrika Kembali Hadir di Bandung

NASA Temukan Bekas Danau Kuno di Gurun Sahara

Kisah Haru Petugas Konservasi Mamakai Baju Motif Zebra

Jalan-jalan ke Eropa Mulai Rp 7 Jutaan

Kisah Gua Jepang di Aceh, Lebih Layak Disebut Gua Pejuang

Yuk Cobain Tempat Es Krim di Jakarta yang Enak

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel