Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Mengenal Raja Belanda Willem yang Pernah Jadi Pilot KLM

https://travel.detik.com/read/2020/03/10/120933/4932603/1382/mengenal-raja-belanda-willem-yang-pernah-jadi-pilot-klm
Mengenal Raja Belanda Willem yang Pernah Jadi Pilot KLM
Raja Willem-Alexander Foto: Natascha Libbert/AFP

Jakarta - Saat ini Indonesia tengah kedatangan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda. Menariknya, Raja Willem punya sisi lain yang jarang diketahui publik.

Umumnya, seorang raja identik dengan posisi kekuasaan tertinggi di pemerintahan dan tak terjangkau oleh rakyat awam. Namun, Raja Willem-Alexander ternyata pernah punya sampingan di dunia penerbangan. Ya, beliau pernah menjadi pilot maskapai KLM selama puluhan tahun.

Dilansir detikcom dari CNN, Selasa (10/3/2020), diketahui kalau Raja Willem-Alexander pernah bertugas sebagai pilot secara reguler 2 kali dalam sebulan selama 21 tahun. Raja Willem-Alexander mengaku menjalani pekerjaan sampingan ini sebagai hobi saja.

"Bagi saya yang terpenting adalah, saya punya hobi yang membuat saya harus berkonsentrasi penuh. Kamu punya pesawat, penumpang, dan kru. Kamu bertanggung jawab atas mereka," tutur Sang Raja dalam sesi wawancara dengan De Telegraph.

Mengenal Raja Belanda Willem yang Pernah Jadi Pilot KLM

Foto: Getty Images

Soal kemampuannya sebagai pilot, Raja Willem-Alexander sudah teruji sejak muda. Di akhir tahun 1980-an, Sang Raja bekerja sebagai pilot relawan bagi AMREF, sebuah organisasi bantuan medis di Kenya, dan dilanjutkan menjadi relawan di Kenya Wildlife Services.

Setelah itu, skill Raja Willem-Alexander sebagai pilot makin terasah setelah menjadi pilot pesawat kargo Martinair, kemudian di maskapai KLM, maskapai resmi Kerajaan Belanda.

Di maskapai KLM, Raja Willem-Alexander bertugas sebagai ko-pilot untuk penerbangan jarak pendek KLM Cityhopper ke berbagai destinasi di Eropa. Sang Raja menerbangkan pesawat jenis Fokker 70 dan kabarnya juga Boeing 737.

"Kamu tidak bisa membawa masalahmu di darat ke udara. Kamu harus melepaskan itu semua dan berkonsentrasi sepenuhnya ke yang lain. Bagiku, itulah bagian paling melegakan dari terbang," ungkap Raja Willem-Alexander soal hobinya ini.

Mengenal Raja Belanda Willem yang Pernah Jadi Pilot KLM

Foto: Getty Images

Selama bertugas sebagai ko-pilot, Raja Willem-Alexander tidak pernah mengungkapkan jati dirinya. Beberapa penumpangnya mengenali suara Raja Willem-Alexander saat menyampaikan pengumuman, sebagian yang lain tidak menyadarinya.

Saat sedang berjalan di Bandara Schiphol Amsterdam menggunakan seragam pilot pun, banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya adalah seorang Raja Belanda. Hanya itu dulu, kabarnya kini Raja Willem-Alexander sudah pensiun dari profesi sampingannya itu.

Hanya bukan tidak mungkin, kalau Raja Willem-Alexander sendiri yang menerbangkan pesawat kepresidenan Belanda ke Jakarta kali ini. Siapa tahu.

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Datang ke Indonesia, Raja Belanda Juga Kunjungi Tempat Wisata

Cobain Nih Wisata Kuliner Ekstrem Papua, Insonem

Ini Spot Wisata Baru di Raja Ampat

Tidak Perlu ke Luar Kota, Ini 12 Tempat Wisata di Jakarta

Camping Asyik di Kali Biru, Raja Ampat

Kunjungi UGM, Ratu Maxima Silangkan Anggrek Asli Yogya

Misool yang Cantik, Bak Gadis Sedang Berdandan

Raja Belanda Kembalikan Keris Pangeran Diponegoro ke Tanah Air

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel