Tripcle / Infos / Detail Tripcle

8 Desa Tercantik di Spanyol, Traveler Mau ke Sini?

https://travel.detik.com/international-destination/d-5119113/8-desa-tercantik-di-spanyol-traveler-mau-ke-sini
8 Desa Tercantik di Spanyol, Traveler Mau ke Sini?
Foto: Desa tercantik di Spanyol (Getty Images/iStockphoto/e55evu)

Madrid - Spanyol mempunyai desa-desa tradisional yang masih terjaga keasliannya. Sebanyak delapan desa ini termasuk yang tercantik, traveler mau nggak liburan ke sini?

Selain karena kota-kotanya yang modern da klub sepakbolanya, Spanyol juga terkenal dengan desa-desa tradisional yang masih terjaga kecantikannya selama ratusan tahun. Spanyol bahkan mempunyai Asosiasi Desa Tercantik.

Asosiasi Desa Tercantik di Spanyol atau Los Pueblos mas Bonitos de Espana telah mengumpulkan kurang lebih 94 desa yang punya pemandangan sangat cantik dan memukau wisatawan. Untuk bisa masuk ke dalam daftar itu, Los Pueblos mas Bonitos de Espana menetapkan beberapa kriteria.

Beberapa di antaranya, desa tradisional Spanyol itu harus mempertahankan bentuk asli bangunan serta lingkungan yang hijau di sekelilingnya. Daftar tersebut pun bisa bertambah dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

detikTravel telah memilihkan delapan desa cantik di Spanyol dari daftar itu. Dihimpun Selasa (4/8/2020), inilah 8 desa tercantik di Spanyol:

1. Guadalest

The beautiful view from Castillo de San Jose overlooking the picturesque landscape of Guadalest in Spain.

Desa Guadalest di Spanyol Foto: Getty Images/iStockphoto/chrisdorney

Terletak 25 kilometer dari Benidorm, ada sebuah desa dengan pemandangan yang spektakuler di Spanyol. Desa ini bernama Guadalest. Desa ini berdiri di atas tebing kapur Sierra d'Aitana dengan pemandangan ajaib menuju ke laut lepas.

Meski letaknya cukup terpencil, namun di desa ini ada beberapa fasilitas buat wisatawan seperti toko souvenir, kafe-kafe dan juga ada reruntuhan kastil dari abad ke-11 yang bisa dieksplorasi traveler.

2. Sentenil de la Bodegas

Seperti dipahat dari sebuah tebing, begitulah kesan pertama traveler begitu melihat Setenil de las Bodegas, sebuah desa cantik yang terletak di Cadiz, Spanyol.

Bangunan-bangunan di desa ini dibuat menyesuaikan dengan kontur tebing yang ada di daerah itu. Jadi jangan heran bila menemukan ada kafe-kafe yang meja kursinya berada di bawah tebing persis di desa ini. Cantik banget buat foto-foto!

3. Capileira

Capileira, begitulah nama desa cantik di Andalusia ini. Di tengah perbukitan yang didominasi warna hijau dan cokelat, entah darimana datangnya tiba-tiba muncul bangunan-bangunan berwarna putih yang sangat cantik. Begitulah deskripsi singkat tentang Capileira.

Bangunan rumah-rumah di Capileira didominasi warna putih. Dengan ketinggian 1.436 meter di atas permukaan laut, Capileira menawarkan udara sejuk dingin pegunungan. Terkadang awan turun dekat hingga atap rumah penduduk. membuatnya mendapat julukan sebagai 'Negeri di Atas Awan'.

4. Potes

The little town of Potes, Cantabria, Spain. Old town of Potes in Picos de Europa National Park, Spain, Europe

Desa Potes di Cantabria, Spanyol Foto: Getty Images/iStockphoto/Rudolf Ernst

Nama desa ini unik, Potes. Desa ini sudah ada sejak abad ke-9 dan dibelah oleh sungai Deva dan Quiviesa di tengahnya. Alam di sekitar desa ini sangat cantik, dengan tumbuhan anggur, cherry dan kacang walnut tumbuh subur.

Untuk bisa menyaksikan kecantikan desa ini secara utuh, traveler bisa memanjat Menara Infantado yang jadi titik tertinggi di desa itu. Dijamin pemandangannya bikin nggak mau pulang.

5. Albarracin

Berada di tengah-tengah pegunungan Sierra de Albarracin ada sebuah desa yang begitu cantik. Desa ini bernama sama dengan pegunungan yang mengelilinginya, desa Albarracin. Untuk bisa ke sini, traveler cukup menempuh jalan darat 2 jam dari kota Valencia.

Desa ini berdiri di atas tebing kapur dengan pemandangan yang amat cantik. Saking cantiknya, desa yang dideklarasikan sebagai situs sejarah pada tahun 1961 ini juga sudah diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO.

6. Ainsa

Terletak di utara Spanyol, desa Ainsa begitu memukau wisatawan yang berkunjung ke sana. Bangunan rumah-rumah di desa ini dibuat dari batu dan di setiap rumahnya, masih tergantung lentera yang biasanya dinyalakan saat malam.

Traveler yang berkunjung ke sini harus mengunjungi Gereja Santa Maria yang jadi ikon desa Ainsa. Gereja tersebut sudah ada sejak abad ke-11. Traveler bisa memanjat ke atas menaranya dan melihat desa Ainsa dari ketinggian.

7. Frigiliana

all white village of south Spain(スペイン南部、白い建物が可愛い町)

Desa Frigiliana di selatan Spanyol Foto: Getty Images/iStockphoto/HIROMASA ARAKI

Mirip seperti di Santorini, begitulah kesan traveler begitu melihat desa Frigiliana ini. Kebanyakan rumah di desa ini berwarna putih, dengan atap genteng berwarna merah. Dari desa ini, traveler bisa menyaksikan pemandangan Costa del Sol yang indah.

Desa ini memang persis berhadapan dengan Laut Mediterania yang indah. Di sekelilingnya, ada Taman Nasional Alhama, Almijara dan Tejeda yang bisa dieksplorasi traveler.

8. Morella

Terakhir, ada desa Morella yang begitu ikonik. Desa di sebelah timur Spanyol ini memiliki ikon berupa kastil abad ke-13 yang berdiri menjulang di perbukitan tepat di tengah desa Morella.

Traveler bisa hiking ke kastil itu dan menikmati pemandangan Morella dari atas ketinggian. Spot lain yang bisa dilihat traveler adalah Biara St Francis dan Gereja St Mary's yang tak kalah ikonik.

Enggak sabar ya untuk terbang ke Spanyol...

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Tidak Perlu ke Luar Kota, Ini 12 Tempat Wisata di Jakarta

Tegas! Tolak Tarif TN Komodo Rp 3,85 Juta, Pelaku Wisata Setop Layani Turis

Ini Desa Wisata Jepang, Tapi Rasa Indonesia

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Banjir Bandang Terjang Puncak, Agro Wisata Gunung Mas Tutup Sementara

4 Destinasi Wisata Darat Keren di Labuan Bajo

Menpar Ajak Pengusaha Majukan Wisata Kuliner & Belanja di Indonesia

Sistem Tiket Baru Alhambra di Granada yang Lebih Ramah Backpaker

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel