Tripcle / Story / Detail Tripcle

Jembatan Gantung Terpanjang di ASEAN ada di Sukabumi, Lho!

https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5289390/jembatan-gantung-terpanjang-di-asean-ada-di-sukabumi-lho
Jembatan Gantung Terpanjang di ASEAN ada di Sukabumi, Lho!
Jembatan gantung di Situ Gunung, Sukabumi menjadi jembatan gantung terpanjang di ASEAN (Gema Bayu Samudra/d'Traveler)

Sukabumi - Sukabumi mempunyai satu wisata yang mendunia lho! Situ Gunung Suspension Bridge namanya, jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Kamu sudah tahu?

Jembatan gantung ini berada di kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung, tepatnya di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jembatan gantung ini mempunyai panjang 243 meter, lebar 1,8 meter dan di ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah. Dengan ukuran itu, jembatan tersebut dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Aspek yang lebih menarik lainnya dari jembatan ini adalah bahwa pembuatan jembatan ini dilakukan dengan cara manual, tidak menggunakan alat berat. Proses awal pembuatan jembatan dilakukan pada pertengahan tahun 2017.

Telah rampung hanya dalam kurun waktu 4 bulan dan baru diresmikan tahun lalu oleh Menko Bidang Kemaritiman, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, pada Sabtu tanggal 9 Maret 2019.

Kamu yang berkesempatan datang ke sini, berfoto di Jembatan dengan latar belakang jurang dan pepohonan menjadi hal yang tak biasa dan mampu memacu adrenalin, kapasitas yang menyebrang dibatasi 40 orang sekali lewat. Setelah dari sini, kamu mampir juga ke Danau Situ Gunung dan Curug Sawer.

Lokasi Curug Sawer berjarak 1,7 km dari pintu masuk, dengan menyeberangi jembatan Situ Gunung bisa memangkas jarak sekitar 500 meter. Setelah sampai, kamu bakal terpesona dengan ketinggian curug yang mencapai 35 meter.

Setelah dari sini kamu bisa juga ke Danau Situ Gunung menggunakan ojek ataupun jalan kaki. Jarak Danau Situ Gunung dari pintu masuk sekitar 1 km. Danau ini menyuguhkan pemandangan yang luas serta dikelilingi pepohonan. Menikmati danau dengan cara lain, bisa menggunakan rakit atau sepeda air.

Setelah menikmati alam, kawasan ini juga menyediakan restoran. Yang ingin bermalam juga bisa berkemah dengan suasana alam bebas tentunya. Tak ketinggalan menikmati seni tradisional yang dilakukan di hari Sabtu-Minggu dari jam 09.00-17.00 WIB di ampiteater

Rute, Waktu dan Biaya ke Situ Gunung

Bagi yang menggunakan transportasi pribadi, Lokasi Situ Gunung Suspension Bridge yang merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara sudah tersedia di maps.Jadi, traveler tidak bakal kesulitan menekukan lokasi jembatan ini.

Bagi yang menggunakan umum, bisa menggunakan kereta sampai Stasiun Bogor, lalu jalan sedikit menuju Stasiun Bogor Paledang dan diteruskan ke Stasiun Cisaat. Menuju jalan raya, naik angkot biru tujuan Polsek Cisaat, saat menemukan plang Situ Gunung lalu dilanjutkan dengan angkot merah sampai di gerbang masuk Situ Gunung.

Waktu yang diperlukan dari Stasiun Bogor-Situ Gunung sekitar 3-3,5 jam. Perlu dicatat memesan tiket kereta dari Stasiun Bogor Paledang-Stasiun Cisaat atau sebaliknya lebih baik lewat daring, menghindari kehabisan tiket kereta. Jam pemberangkatan yaitu jam 07.50, 13.10 dan 18.30 pulang pergi. Harga pulang pergi sekitar Rp 170 ribu. Biaya yang ingin berkemah hanya Rp 35.000 untuk 2 hari 1 malam.

Karena banyaknya wisata yang tersedia di Situ Gunung, lebih baik reservasi dahulu. Bisa lewat WhatsApp yang tersedia di website https://situgunungbridge.com/ di bagian 'paket'. Di sana kamu bisa memilih untuk One Day Trip, One Day Trip With Lunch, Stay and Camp dan jenis lainnya.

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

10 Jembatan Terindah di Indonesia, Megah nan Unik

Viral Video 'Liburan Dari Neraka' di Sukabumi, Ini Faktanya

Geopark Ciletuh Longsor, Wisatawan Nggak Bisa Pulang

Wisata Baru di Semarang, Ada Jembatan Kaca Instagrammable!

Telaga Biru Bakal Jadi Objek Wisata Unggulan di Jabar

Tidak Perlu ke Luar Kota, Ini 12 Tempat Wisata di Jakarta

23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

5 Tempat Wisata yang Jadi Lokasi Syuting Crash Landing on You di Korea Selatan

Komentar

No results found.

Tulis komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita trending

Tips wisata dan travel