Tripcle / News / Detail Tripcle

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

https://travel.detik.com/travel-news/d-5350371/pantai-baron-terapkan-tiket-elektronik-untuk-wisatawan
Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan
Pantai Baron terapkan tiket elektronik untuk pengunjung. (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Gunungkidul - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan uji coba layanan E-ticketing itu sudah berlangsung sejak Oktober 2020. Saat ini, kata Asti, layanan tersebut baru bisa diakses di TPR Baron.

"Untuk di TPR lain akan segera menyusul," katanya saat ditemui wartawan di TPR Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (26/1/2021).

Terkait teknis, Asti menyebut ada dua metode pemesanan/pembayaran E-Ticketing. Pertama, melalui QR Code, dengan cara scan barcode di Pos Retribusi atau tempat lain yang tersedia barcode.

"Yang kedua melalui Virtual Account, dengan cara pemesanan lewat Web: https://ewisata.gunungkidulkab.go.id," dia menjelaskan.

Selain untuk mengurangi kontak secara langsung selama pandemi COVID-19, layanan E-ticketing ini diharapkan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih baik yang efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena itu, itu Pemkab Gunungkidul tetap membuka kerja sama dengan bank.

"Dengan demikian pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi tempat rekreasi dan olahraga akan lebih meningkat," ujar Asti.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah menyebut peluncuran E-ticketing ini berada pada saat momen yang tepat. Sebab, saat ini transaksi dilakukan secara non-tunai untuk meminimalisir kontak langsung selama pandemi COVID-19.

"Ini jadi salah satu upaya penegakan protokol kesehatan (prokes) di situasi pandemi COVID-19," kata dia.

Oleh karena itu, Badingah berharap layanan E-Ticketing di TPR Baron bisa dimanfaatkan secara optimal oleh petugas hingga wisatawan.

"Sekaligus mengoptimalkan PAD Gunungkidul dari sektor pariwisata," ujarnya.

Gunungkidul memiliki deretan wisata pantai yang viewnya menawan. Selain Pantai Baron, ada Pantai Indrayanti, Pantai Siung, Pantai Timang, Pantai Ngelambor, Pantai Wediombo, dan Pantai Watukodok, serta Pantai Jogan dan Pantai Seruni.

Related Post

See Also

Cari Suvenir di Jogja? Lebih Murah di 5 Daerah Ini

Inspirasi rencana perjalanan liburan ke Yogyakarta

Profil Pantai Goa Cemara, Spot Wisata Eksotis meski Makan Korban

Pantai Gesing di Gunung Kidul yang Punya Spot Foto Keren

Taman Sari, Destinasi Instagramable Wajib di Yogya

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi ala Bintan

Deretan Pantai di Blitar, Tempat Indah yang Tak Kalah dengan Bali

5 Daya Tarik Pantai Kenjeran, Wisata Bahari di Surabaya

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

Trending

Tips

News Feed